0
Dikirim pada 25 Januari 2016 di Bisnis

Anda yang ingin masuk menjadi mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) harus bersiap-siap karena pendaftaran untuk tahun 2016 akan dibuka. Namun sebelumnya, Anda juga harus sudah mencari tahu bagaimana strategi agar bisa diterima di perguruan tinggi negeri yang bergengsi ini. Kualitas dari IPB yang sudah dikenal banyak orang membuatnya menjadi pilihan dari banyak calon mahasiswa, dan persaingan sangatlah ketat.

Salah satu strategi yang harus Anda perhatikan adalah mencari tahu bagaimana Institut Pertanian Bogor menerima mahasiswanya. Dengan mengetahui jalur-jalur yang tersedia, Anda bisa menyusun langkah Anda sehingga bisa berjaga-jaga seandainya langkah pertama Anda mendaftar gagal, dan bisa mengikuti langkah lainnya. Tetapi Anda juga harus ingat, IPB mempunyai kuota sedikit untuk peminatnya yang bisa mencapai ribuan.

Totalnya, ada 5 macam jalur penerimaan untuk mahasiswa baru yang disediakan oleh IPB. Berikut ini adalah keterangannya :

1. Jalur SNMPTN

Yaitu jalur melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan melalui undangan. Jika Anda mempunyai prestasi yang cemerlang, dengan nilai rapor yang stabil dari semester 1 sampai 5 (atau 7), maka jalur ini bisa Anda pakai.

2. Jalur SBMPTN

Adalah jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini merupakan ujian tertulis, yang akan menguji pengetahuan Anda dan keterampilan.

3. Ujian Talenta Masuk (UTM)

Ujian masuk secara tertulis yang berbasis kecintaan pada pertanian, kepemimpinan, dan kewirausahaan. Ditujukan untuk mencari mahasiswa bertalenta tinggi yang bisa menjadi pemimpin di masa depan. Biaya pendaftarannya sebesar Rp500.000,00/pelamar.

4. Beasiswa Utusan Daerah (BUD)

Penerimaan mahasiswa yang direkomendasikan serta dibiayai dari pemerintah pusat, daerah, lembaga swasta, ataupun perusahaan. Harapannya adalah sarjana-sarjana yang dihasilkan nantinya bisa membangun daerah.

5. Prestasi Internasional dan Internasional (PIN)

Bagi Anda yang punya prestasi luar biasa di bidang akademik dan ekstrakurikuler, dan sering memenangkan kompetisi di dalam atau luar negeri.

Seperti Anda lihat sendiri, jalur-jalur untuk bisa masuk IPB (Institut Pertanian Bogor) rata-rata menuntut Anda adalah seorang siswa yang memang berprestasi, atau setidaknya mempunyai nilai yang konsisten dan berada di atas rata-rata. Hal ini sangatlah diperlukan, mengingat program pendidikan yang ditawarkan tidaklah mudah. Anda yang tak bisa mengikuti akan mengalami kesulitan.



Dikirim pada 25 Januari 2016 di Bisnis
comments powered by Disqus


connect with ABATASA