0
Dikirim pada 12 Januari 2016 di Resep

Tempe mendoan adalah makanan yang berasal dari purwokerto. Makanan ini mungkin bagi anda khsusunya orang jawa pasti tahu, kuliner yang satu ini di buat dengan di balutkan atau di celupkan kedalam  tepung terigu yang sudah menjadi adonan dan di campur dengan bumbu-bumbu khusus. Makanan  ini merupakan salah satu resep makanan mudah untuk di pelajari oleh pemula atau yang baru belajar masak.

Tempe yang digunakan dapat juga tempe khusus untuk mendoan yang di iris tipis dan nantinya akan di mix atau di satukan dengan bumbu yang telah di buat, serta rasanya pun terasa gurih apalagi bila di tambahkan dengan sambal dan cocok menjadi teman makan nasi. Tempe mendoan ini biasanya di jual atau tersedia dia warteg dan warung makan. Namun ada juga yang menyediakan di restoran tertentu. Berikut akan saya paparkan beberapa bahan dan cara memasaknya sebagai resep makanan mudah :

Bumbu tempe mendoan yang harus di haluskan:

1 .Ketumbar

2 .Kunyit

3 .Bawang merah

4 .Bawang putih

5 .Merica butir di sangrai

 

Bahan-bahan untuk makanan tersebut:

1 .Tempe

2 .Tepung beras

3 .Gula pasir

4 .Garam

5 .Air

6 .Bawang daun di iris

7 .Minyak goreng

8 .Penyedap rasa

9 .Tepung terigu.

 

Cara pembuatannya :

1 .Langkah pertama kita potong-potong tempe tipis lalu sisihkan

2 .Mix atau campurkan tepung beras,tepung terigu dan juga bumbu-bumbu yang telah di haluskan serta daun bawang kemudian tuangkan air dengan perlahan sedikit demi sedikit agar tidak encer dan tambahkan penyedap rasa secukupnya

3 .Kemudian tempe yang sudah di potong tipis-tipis di celupkan atau di balut ke dalam adonan yang tadi sampai semua permukaan terendam.

4 .Tidak lupa memanaskan minyak goreng lalu masukkan tempe yang telah di campur dengan adonan jika minyaknya  sudah panas bolak balik agar matangnya merata

5. Tunggu hingga warnanya kecoklatan kemudian tiriskan

6 .Tempe mendoan pun siap untuk di hidangkan di atas piring saji

Selamat mencoba resep mudah tempe mendoan ini, semoga dapat di praktekan di rumah anda.

Sumber gambar : www.resepumi.com



Dikirim pada 12 Januari 2016 di Resep
comments powered by Disqus


connect with ABATASA