0
Dikirim pada 11 Januari 2016 di Kesehatan

Proses memandikan bayi yang baru lahir seringkali menjadi momok bagi orang tua bayi, apalagi pada minggu – minggu pertama saat tali pusar bayi belum “puput”. Pada saat kehamilan sering kali para dokter memberikan info kehamilan kepada para ibu seperti proses memandikan bayi. Para dokter menyarankan agar bayi yang baru lahir cukup dimandikan dengan cara diseka dengan menggunakan waslap saja.

Sebaiknya jangan terlalu lama dalam memandikan bayi. Cukup mandikan bayi selama 5 – 10 menit saja. Hal ini dilakukan karena jika berlama – lama mandi maka akan membuat air mandi menjadi dingin sehingga membuat bayi menjadi rentan untuk sakit. Biasanya ketika melakukan konsultasi kehamilan dokter memberikan saran seperti cara memandikan bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir sebenarnya cukup dimandikan selama 4 kali dalam seminggu sebab bayi yang baru lahir tidak terlalu banyak bergerak dan terkena debu di luar rumah.

Sebelum memandikan bayi sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan untuk mandi dan setelah mandi seperti bak mandi bayi, kain waslap, handuk, bola kapas,popok bayi, baju bersih, sabun bayi, shampo bayi, dan produk bayi lainnya seperti bedak bayi, lotion bayi dan minyak telon dari zwitsal. Mengapa menggunakan produk zwitsal? Karena produk zwitsal adalah produk yang terbuat dari bahan – bahan alami dan produk zwitsal adalah produk tanpa parfum sehingga sangat aman di gunakan untuk bayi.

Sebagai info kehamilan yang disampaikan oleh dokter mengenai cara memandikan bayi diantaranya yaitu :

  • Siapkan air hangat.
  • Masukkan bayi kedalam bak mandi yang telah terisi air hangat dan letakkan salah satu tangan anda untuk menompang leher dan kepala bayi.
  • Gunakan sabun sedikit saja agar kulit bayi tidak kering.
  • Gunakan kain atau spons untuk mebasuh sabun dari arah atas hingga ke bawah tubuh bayi.
  • Bilas tubuh bayi dengan air lalu keringkan.
  • Angkat bayi dengan tangan anda menopang leher dan kepalanya dan tangan lainnya menopang bagian bokongnya.
  • Letakan dihanduk lalu tepuk-tepuk tubuhnya perlahan untuk mengeringkan tubuh bayi.
  • Oleskan lotion khusus bayi dan minyak telon lali kenakan baju bersih bayi.


Dikirim pada 11 Januari 2016 di Kesehatan
comments powered by Disqus


connect with ABATASA