0
Dikirim pada 08 Januari 2016 di Uncategories

Sebagai seorang mahasiswa, mengelola keuangan pribadi menjadi salah satu tanggung jawab yang sangat penting dan harus dilakukan dengan baik. Mengatur keuangan menjadi salah satu prioritas, apalagi bagi mahasiswa yang aktivitas perkuliahannya jauh dari keluarga dan orang tua. Berbagai tips dan cara mengatur keuangan yang bijaksana perlu diterapkan supaya semua kebutuhan kuliah bisa terpenuhi secara optimal. Selain itu, kebutuhan lainnya pun dapat terpenuhi dengan baik secara keseluruhan dari bekal yang sudah diberikan orang tua.

Mengelola keuangan menjadi landasan yang sangat penting dan wajib diterapkan dengan sebaik-baiknya oleh para mahasiswa yang tinggal jauh dari keluarga. Berikut ini beberapa cara mengelola keuangan yang bisa diterapkan, antara lain:

  • Buatlah daftar anggaran dengan baik, meliputi kebutuhan kuliah, biaya kost, kebutuhan makan, laundry dan lain sebagainya.
  • Bedakan antara kebutuhan prioritas dan kebutuhan tambahan berdasarkan sifat dan nilai kepentingannya.
  • Sisihkan untuk menabung atau simpanan untuk kebutuhan yang tidak terduga.
  • Manfaatkan anggaran yang ada dengan penuh kebijaksanaan.

Semakin efektif pengeluaran dan pengelolaan keuangan dilakukan, maka semakin tepat pula pemakaian anggaran kebutuhan kuliah dengan baik dan optimal. Apabila pengelolaan keuangan pribadi diterapkan dengan sebaik-baiknya, maka pemasukan yang diberikan orang tua pasti bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Seluruh kebutuhan bisa terpenuhi dengan anggaran yang ada. Selain itu, aktivitas perkuliahan pun pasti bisa berjalan dengan lancar berkat pengaturan keuangan yang baik dan penuh tanggung jawab. Bahkan Andapun bisa memanfaatkan uang yang disisihkan untuk menikmati masa liburan ketika dibutuhkan atau untuk kepentingan lainnya.

Itulah berbagai cara mengatur keuangan yang dapat Anda terapkan ketika sedang menjalani kuliah di tempat yang jauh dari keluarga. Tanggung jawab yang tinggi dalam mengelola keuangan harus diterapkan demi kepentingan sendiri dalam melangsungkan aktivitas kuliah. Jika uang atau anggaran yang diberikan orang tua dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, tentu saja seluruh kebutuhan selama masa kuliah bisa dipenuhi dengan maksimal. Dengan kata lain, kelancaran aktivitas perkuliahan pun dapat berlangsung sesuai harapan berkat pengelolaan keuangan yang baik, mandiri dan penuh tanggung jawab.



Dikirim pada 08 Januari 2016 di Uncategories
comments powered by Disqus


connect with ABATASA