0
Dikirim pada 30 Desember 2015 di Bisnis

Kerja Sama IPB kali ini tidak hanya dengan Instansi Pendidikan di luar negeri. Pada tanggal 25 Mei 2014, IPB menjalin kerja sama pada bidang riset dan teknologi dengan salah satu perusahaan ternama dari Jepang yaitu Yanmar Co Ltd. Kerja sama yang dibangun merupakan implementasi ilmu pendidikan di bidang pertanian yang mencakup sosial, mesin pertanian, mekanisme hingga ketersediaan lahan pertanian. Yang melatarbelakangi jalinan kerja sama ini adalah karena Indonesia tertinggal di bidang pertanian jika dibandingkan dengan Vietnam. Yang menjadi masalah tertinggalnya pertanian di Indonesia karena masih banyak petani di Indonesia yang menggunakan alat pertanian yang tradisional.

Jalinan kerja sama antara IPB dan Yanmar berusaha memecahkan masalah ini. Sehingga output dari kerja sama ini adalah terciptanya peralatan dan mesin pertanian yang sesuai dengan kondisi pertanian di Indonesia. Mesin pertanian di Indonesia yang nantinya dikeluarkan oleh Yanmar tidak akan berbeda jauh dengan alat yang dikeluarkan di Vietnam. Namun cara pemakaian mesin pertanian di Indonesia akan disesuaikan dengan karakteristik daerahnya guna tepat sasaran.

Demi tercapainya kesusksesan kerja sama ini, IPB juga melibatkan Balitbang Pertanian dan Pemerintah Daerah dalam penyediaan lahan pertanian seluas 100 hektar untuk dijadikan lahan penelitian. Sebelum dilakukannya penelitian ini, pihak Yanmar telah melakukan observasi tentang pertanian di Indonesia. Sehingga hal ini dapat membantu perkembangan penelitian. Yanmar dan IPB berharap dengan terjalinnya kerja sama penelitian ini dapat menjadi contoh pertanian-pertanian lainnya di seluruh Indonesia.



Dikirim pada 30 Desember 2015 di Bisnis
comments powered by Disqus


connect with ABATASA