0
Dikirim pada 11 Desember 2015 di Kesehatan

Mendonorkan darah untuk membantu sesama merupakan salah satu perbuatan yang mulia. Karena dalam hal ini anda bisa memberikan pertolongan kepada mereka yang memang membutuhkan. Namun untuk menjadi seorang pendonor darah, anda harus mengikuti efek donor darah yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola. Dalam hal ini persyaratan yang harus anda ketahui untuk menjadi seorang pendonor darah antara lain usia, berat badan, dan juga kadar hemoglobin dalam tubuh anda. Untuk usia 17-60 tahun bisa menjadi pendonor atau bisa mendonorkan darahnya dengan catatan anda tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Seperti penyakit jantung, hepatitis dan penyakit tertentu lainnya.

 

Jika anda telah memenuhi persyaratan donor darah yang telah ditetapkan, anda bisa mendonorkan darah anda untuk membantu sesama yang memang membutuhkan. Adapun beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda menjadi seorang pendonor darah, antara lain:

1.       Mengetahui kondisi kesehatan sendiri

Dengan menjadi pendonor darah, anda bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh anda sendiri. Karena sebelum anda melakukan donor darah, kesehatan tubuh anda terlebih dahulu akan diperiksa. Dengan begitu anda akan mengetahui keadaan atau kondisi tubuh anda dalam keadaan sehat atau tidak. Dalam hal pemeriksaan, petugas PMI akan memeriksa tekanan darah, berat badan dan juga kadar hemoglobin dalam darah.

 

 

2.       Selain membantu sesama juga untuk kesehatan sendiri

Dengan anda menjadi pendonor darah, anda sudah membantu orang yang mungkin sangat membutuhkannya. Dan itu merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi mereka yang menerima dan juga anda sebagai pendonor. Dengan mendonorkan darah, anda juga akan lebih sehat. Itu karena ketika darah anda diambil untuk melakukan donor darah, maka tubuh anda dengan secara otomatis akan membuat sel darah baru. dengan demikian tubuh anda akan menjadi lebih sehat.

 

 

3.       Pemeriksaan kesehatan secara gratis

Dengan mendonorkan darah, anda bisa mengetahui tentang kesehatan anda secara gratis. Dan anda juga bisa mengetahui apakah anda memiliki penyakit tertentu atau tidak, karena darah anda yang diambil sebelumnya akan diperiksa terlebih dahulu di laboratorium untuk memastikan apakah anda memiliki penyakit tertentu atau tidak.



Dikirim pada 11 Desember 2015 di Kesehatan
comments powered by Disqus


connect with ABATASA